Jl. Jenderal Achmad Yani No. 39 Sengkang 90914 dinkes@wajokab.go.id dinkeswajo@yahoo.com 0485 - 21038

Wakil Bupati Wajo: Kepatuhan Wajib Pajak Harus Selalu Ditingkatkan

Jumat, 03 Mar 2023, 09:42:54 WITA (350 kali dibaca)

Wakil Bupati Wajo: Kepatuhan Wajib Pajak Harus Selalu Ditingkatkan

Jumlah wajib pajak baik badan maupun orang pribadi setiap tahunnya terus  meningkat. Kondisi ini juga berbanding lurus dengan tingkat kepatuhan wajib pajak yang juga semakin baik, meskipun masih perlu terus ditingkatkan.

"Bukti nyata menunjukkan dengan gamblang, dimana pergerakan pertumbuhan ekonomi yang terus tumbuh positif, sangat jelas ditopang oleh besarnya kontribusi setoran wajib pajak yang melonjak," ungkap Wakil Bupati Wajo, Amran SE, saat memberi sambutan pada malam Apresiasi Pembayar Pajak, KPP Pratama Watampone di Sentosa Grand Ballroom The Novena Hotel Watampone, Kamis (2/3/2023) malam.

Pada sisi lain kata Amran, kesuksesan penyelenggaraan pemerintahan daerah, salah satunya bergantung pada sektor perpajakan sebagai penyumbang terbesar pada postur pendapatan asli daerah. 

"Sesungguhnya, pemerintahan daerah yang kokoh, dapat dilihat dari kuatnya postur pendapatan. Tanpa PAD yang kuat dan baik, kita tidak dapat dengan mudah untuk bisa membangun kemajuan lebih cepat dan mewujudkan kesejahteraan masyarakat secara adil merata," sebutnya. 

Karena itu, Wakil Bupati Wajo ini mengajak semua pihak terus berupaya meningkatkan pendapatan khususnya yang bersumber pajak daerah dan retribusi daerah guna mengurangi tingkat ketergantungan anggaran kita terhadap pemerintah pusat.

Pada kesempatan itu, Amran juga memberikan apresiasi kepada Kepala KPP Pratama Watampone yang telah menggelar acara Malam Apresiasi Pembayar Pajak kepada para pahlawan perpajakan.

"Salam hormat dan terima kasih dari kami para kepala daerah, kepada bapak dan ibu sekalian para wajib pajak, yang kalau bisa saya sebutkan sebagai “pahlawan perpajakan”, sebagai garda terdepan penopang perekonomian negara yang kita cintai ini," ucapnya.

Wajib pajak kata dia, adalah pahlawan perpajakan, dimana ditangan merekal kontribusi pengabdian kepada bangsa Indonesia ditegakkan. "

"Jangan sia-siakan pengabdian mereka kepada ibu pertiwi. Mari…. kita kelola dan belanjakan hasil keringat mereka, yang telah bersusah payah mengumpulkan rupiah demi rupiah lalu disetorkan pajaknya, untuk digunakan pada hal-hal yang merupakan kebutuhan dasar rakyat," pinta Amran.

Amran juga meminta agar para pembayar pajak diberikan ruang yang luas kepada mereka berupa insentif, kemudahan mengecek dan membayar pajak melalui digitalisasi. 

"Reformasi perpajakan menjadi kata kunci. Selanjutnya kerja mereka diapresiasi melalui penghargaan seperti yang dilakukan malam ini. Pemberian penghargaan kepada bapak dan ibu sekalian yang hadir malam ini, memiliki makna penting dan strategis. Ini adalah salah satu wujud bukti kecintaan pemerintah kepada para wajib pajak," pungkasnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Kepala KPP Pratama Watampone, Hadinengrat Nusantoro bersama jajaran, Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle, jajaran Pemkab Wajo, Bone dan Soppeng, jajaran KP2KP Sengkang dan KP2KP Soppeng serta undangan lainnya.