Jl. Jenderal Achmad Yani No. 39 Sengkang 90914 dinkes@wajokab.go.id dinkeswajo@yahoo.com 0485 - 21038

PENILAIAN STBM AWARD KABUPATEN WAJO TINGKAT NASIONAL TAHUN 2022

Kamis, 06 Okt 2022, 11:45:51 WITA (843 kali dibaca)

PENILAIAN STBM AWARD KABUPATEN WAJO TINGKAT NASIONAL TAHUN 2022

Dinkes Wajo,Kabupaten Wajo merupakan salah satu kabupaten dari 9 Kabupaten di Sulawesi Selatan yang masuk dalam  penilaian Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) Award Tingkat Nasional yang dilakukan secara virtual di Ruang Pola Kantor Bupati Wajo, Selasa ( 5 /10/ 2022).

         Program STBM  yaitu salah satu program nasional ( Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah ) dalam upaya mempercepat akses terhadap  fasilitas air minum dan  sanitasi yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat. Tujuan  dari program ini  untuk mewujudkan  perilaku yang higienis dan saniter secara mandiri dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal.

  Dalam penilaian STBM Award  Tingkat Nasional di awali dengan presentasi oleh Bapak Bupati Wajo Dr.H.Amran Mahmud S.Sos, M.Si, tentang Pelaksanaan STBM Award di Kabupaten Wajo, Dalam paparannya tersebut lebih menekankan kepada upaya dan strategi Supply Penyediaan  Sarana Sanitasi untuk mendukung STBM Award Kabupaten Wajo tahun 2022. Antara lain :  Mengembangkan Opsi teknologi tepat gunaSanitasi yang sesuai kebutuhan dan terjangkau, Menciptakan dan memperkuat jejaring pasar sanitasi, Upaya Kabupaten dalam memastikan akses sanitasi aman, Pemda mendorong inisiatif dalam mengembangkan pembiayaan untuk kebutuhan sanitasi melalui swasta, mikrofinance atau masyarakat,  Pembinaan dan pelatihan wirausaha sanitasi dan pilar STBM lainnya, Dan tersedianya sarana air bersih  tempat cuci tangan pakai sabun dan toilet di tempat fasilitas umum,  serta berbagai inovasi dalam mendukung STBM Award yaitu : Wajo Mapaccing, Lorong Mapaccing, Bosara ( Bola Sampah Sejahtera, Pammana Mabello dan Tempe de” Namarota).

Inovasi diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa atau kelurahan laindi Kabupaten Wajo  sehingga diharapkan kesadaran masyarakat  untuk dapat berperilaku hidup bersih dan sehatdapat diterapkan dan diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari demi tercapainya target akan pemenuhan STBM di Kabupaten Wajo secara merata dan dan berkesinambungan.

Setelah pemaparan Bupati Wajo dilanjutkan  sesi tanya jawab berupatanggapan dan pertanyaan baik dari Tim Penilai STBM award dari  Pusat maupun Tim Penilaian dari Provinsi Sulawesi Selatan. Pada sesi tanya jawab tersebut di pimpin langsung oleh Ibu  SekdaKab. Wajo ( Ir. Armayani M.Si )  bersama Lintas Sektor terkait yakni Ketua TP PKK Kabupaten,Kepala Bappelitbangda, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas PMD, PT.Energy Equity, PT.Energy Sengkang, Baznas, HAKLI, Camat, Kepala Puskesmas, Kepala Desa, Wira Usaha Sanitasi, Sanitarian Puskesmas  dan sektor lainnya. KDR