Jl. Jenderal Achmad Yani No. 39 Sengkang 90914 dinkes@wajokab.go.id dinkeswajo@yahoo.com 0485 - 21038

Hanya 3 Bupati di Sulsel, Amran Mahmud Terima Penghargaan Baznas Award 2023

Rabu, 22 Mar 2023, 15:47:54 WITA (145 kali dibaca)

Hanya 3 Bupati di Sulsel, Amran Mahmud Terima Penghargaan Baznas Award 2023

Kepedulian Bupati Wajo, Amran Mahmud dalam mendukung dan mendorong kebangkitan Zakat Indonesia khususnya di Kabupaten Wajo mendapatkan apresiasi dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Republik Indonesia. 

Apresiasi tersebut berupa penghargaan Baznas Award 2023 kategori Bupati Pendukung Utama Pengelolaan Zakat. Penghargaan kategori ini hanya diberikan kepada tiga Bupati di Sulsel yaitu Bupati Wajo, Bupati Bone dan Bupati Barru.

Amran Mahmud menerima langsung penghargaan tersebut pada Penganugerahan BAZNAS Award 2023 yang digelar di Hotel Sahid, Jakarta, Selasa (21/3/2023).

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan Baznas RI  ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin. Turut hadir Menteri Koperasi dan UMKR RI, Teten Masduki, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan yang diwakili Sesmenko,Teguh Pudjo Rumekso, beberapa pejabat Kementerian, Ketua Baznas RI, Noor Achmad bersama jajaran, para alim ulama, cendekiawan, para tokoh, para Penerima Penghargaan serta undangan lainnya.

Amran Mahmud yang dikonfirmasi usai menerima penghargaan menyampaikan terima kasih kepada Baznas RI atas penghargaan yang diberikan.

 "Penghargaan ini kami persembahkan kepada Baznas Kabupaten Wajo yang telah bekerja maksimal dalam mengumpulkan dan mengelola zakat. Juga kepasa masyarakat, para muzakki dan organisasi pengumpul dan pengelola zakat lainnya," ucap Amran Mahmud.

Amran Mahmud mengurai bahwa selama ini Baznas Wajo telah berkembang. Apalagi dengan kebijakan yang dikeluarkannya merujuk pada kebijakan yang lebih tinggi dengan membersihkan penghasilan ASN sebelum masuk ke rekening mereka.

"Meski banyak dinamika di dalamnya, namun karena zakat inilah banyak juga saudara-saudara kita yang terbantu sesuai dengan ketentuan penerima zakat, baik dibantu biaya pengobatan, bantuan bencana bahkan bedah rumah, bantuan usaha, serta berbagai bantuan lainnya," jelas Amran Mahmud.

Ketua DMI Wajo ini pun mengapresiasi upaya Baznas Wajo maupun organisasi pengumpul dan pengelola zakat lainnya. "Kita berharap sinergitas dan kerjasama ini terus terjalin sebagai salah satu upaya mewujudkan masyarakat Wajo yang sejahtera," harapnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden RI, KH. Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa layaknya makhluk hidup, zakat membutuhkan ekosistem yang baik agar bisa bertumbuh kembang secara maksimal.

"Berbagai komponen penting dalam ekosistem zakat harus dikelola dengan baik dan dikembangkan agar potensi zakat yang luar biasa ini dapat tergali secara optimal," ucapnya.

Ketua Baznas RI, Noor Achmad menyampaikan syukur Baznas bisa menyelenggarakan Baznas Award yang kesekian kalinya pada tahun 2023.  "Ini sebagai bentuk apresiasi kami terhadap bentuk perzakatan yang ada di Indonesia,"