Jl. Jenderal Achmad Yani No. 39 Sengkang 90914 dinkes@wajokab.go.id dinkeswajo@yahoo.com 0485 - 21038

Didampingi Wabup, Bupati Wajo Buka Musda ke-13 Muhammadiyah dan Aisyiyah

Senin, 29 Mei 2023, 11:44:52 WITA (171 kali dibaca)

Didampingi Wabup, Bupati Wajo Buka Musda ke-13 Muhammadiyah dan Aisyiyah

Bupati Wajo, Amran Mahmud mengajak kepada seluruh warga Muhammadiyah dan Aisyiyah untuk terus bersinergi dalam memajukan Wajo. Menurutnya, Muhammadiyah dan Aisyiyah selama ini turut ambil bagian dalam mendukung segala kebijakan dan pemerintah daerah.

Hal tersebut disampaikan Amran Mahmud saat membuka Pelaksanaan Musyawarah Daerah ke-13 Muhammadiyah dan Asiyiyah Kabupaten Wajo yang digelar di Lapangan Merdeka Sengkang, Sabtu (27/5/2023).

"Misalnya melalui Lazismu yang berkolaborasi dengan Baznas banyak membantu kita dalam menangani masalah sosial maupun kebencanaan. Juga Majelis Pemberdayaan Masyarakat Muhammadiyah yang melakukan pendampingan petani serta mengajak mereka untuk berzakat. Dimana zakat ini nantinya dimanfaatkan untuk membantu masyarakat," ucap Amran Mahmud.

Pada kesempatan tersebut, Amran Mahmud juga kembali mengurai beberapa keberhasilannya selama 4 tahun bersama Wakil Bupati. Diantaranya, produksi pertanian tahun 2022 yang hampir 1 juta ton berdasarkan data statistik sekaligus menjadi daerah dengan peningkatan produksi Padi tertinggi di Indonesia yaitu 23,54 persen. "Begitu juga, per hari ini sudah ada 80 pondok tahfidz di Wajo dengan sekitar empat ribu anak yang sedang menghafal Al-Qur'an," ucapnya.

Kepada warga Muhammadiyah, Amran Mahmud berharap agar terus berkolaborasi dalam mencerahkan masyarakat, pemurnian islam serta konsisten melakukan hal positif.

"Kepada Aisyiyah, kita berharap untuk terus membantu dalam berbagai program kegiatan pemerintah, khususnya penanganan pernikahan anak usia dini dan stunting," ucapnya.

" Selamat bermusyawarah dan semoga sukses selalu. Terima kasih atas kolaborasi selama ini," tambahnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Sulsel, Prof Abdul Qadir Gassing menyampaikan pesan kepada semua warga muhammadiyah untuk tetap berdakwah dan menghidupkan pengajian. "Tetaplah berdakwah, hidup-hidupkanlah pengajian di tingkat ranting, cabang dan daerah. Sehingga, setiap PD Muhammadiyah dab Aisyiyah wajib pintar mengaji," ucapnya.

Mantan Rektor UIN Alauddin Makassar ini juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Wajo atas dukungannya untuk Muhamamdiyah dan Aisyiyah Kabupaten Wajo.

Wakil Ketua PW Aisyiyah Sulsel, Nurlinda Azis menyampaikan Selamat Bermusda kepada seluruh peserta Musda Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Wajo.  "Pilihlah pemimpin yang amanah, siddiq dan fathanah. Juga santun dan ariflah dalam memilih pemimpin. Kita yang tahu yang terbaik untuk kita," ucapnya.

Ketua PD Muhammadiyah Kabupaten Wajo, Syekh Haedar Kadir mengajak kepada semua untuk memahami inti Musds yaitu merenungkan program  yang telah dilaksanakan sebelumnya serta merencanakan program ke depannya.

"Kami menyampaikan terima kasih kepada Pemerinrah Kabupaten Wajo atas segala dukungan yang telah diberikan untuk Muhammadiyah maupun kepada semua ormas Islam di Kabupaten Wajo," ucapnya.

Ketua PD Aisyiyah Kabupaten Wajo, Sitti Maryam berharap agar melalui momentum ini, baik Muhammadiyah maupun Aisyiyah bisa istiqamah menjaga kemurnian agama islam sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW.

"Mudah-mudahan Musda Muhammadiyah dan Aisyiyah ini bisa berlangsung dengan baik dan Benar sehingga bisa melahirkan kepengurusan yang kolektif dan strategis yang dibutuhkan masyarakat," ucapnya.

Ketua Panitia, Supardi menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dan berkontribusi untuk menyukseskan Musda Muhammadiyah dan Aisyiyah Kabupaten Wajo. "Kami juga menyampaikan permohonan maaf jika ada hal-hal yang kurang berkenan selama pelaksanaan kegiatan ini," ucap Camat Tempe ini.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan apresiasi kepada siswa berprestasi dan guru serta umkm dari Lazismu Kabupaten Wajo.

Setelah seremoni pembukaan, Bupati dan Wakil Bupati bersama undangan lainnya berkeliling mengunjungi stand pameran dan bazar yang ada lokasi Lapangan Merdeka sengkang, kemudian dilanjutkan peresmian gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah (Pusdam) yang tidak jauh dari lokasi tersebut.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Bupati, Amran, Forkopimda, Anggota DPRD, Kepala Kemenag Wajo, Muhammad Yunus, Wakil Ketua PW Muhammadiyah Sulsel, Prof Arifuddin Ahmad, Wakil Ketua PW Aisyiyah Sulsel, Marhumah, Kepala OPD, Camat, Ketua MUI Wajo, AG Muhammad Yunus Pasanreseng Andi Padi, Pimpinan Ormas Islam dan Organisasi Wanita, Pimpinan Perguruan Tinggi, PD dan PC Muhammadiyah dan Aisyiyah, tokoh muhammadiyah serta undangan lainnya.